APRESIASI KARYA SENI TARI TUNGGAL NUSANTARA
Generasi muda di
suguhi aneka jenis seni,khusus nya tari di media elektronik
Yang lebih
berkiblat ke barat. Ada juga pertunjukan tari daerah(etnis) Nusantara
Di tayangkan
secara sepintas saja dan dalam kemasan acara lain. Dengan kata lain
Tradisional
Nusantara di media televisi hanyalah sebagai “pelengkap”.
Tradisional Nusantara
, misalnya mengamati jenis, peranan, dan fungsi tari itu dalam masyarakat
pemilik nya
- Jenis,Peran, dan Perkembangan Tari Tunggal Nusantara
Mengupas tari tunggal nusantara
tidak terlepas dari jenis, peran dan perkembangannya. Peran tari tunggal nusantara
sangatlah beragam. Menyangkut tentang riwayat terbentuk sampai wujud yang ada sekarang
dan sejarah panjang tari sampai tari itu berperan bagi masyarakat pemiliknya.
- Jenis tari tunggal nusantara
Jenis tari tunggal
nusantara yang begitu banyak pada hakikat nya dapat diringkas menjadi empat
kelompok, yaitu sebagai berikut.
- tari ritual(kesuburan)
- tari keprajuritan (kewiraan)
- tari perang
- tari pergaulan
Jenis tari tunggal nusantara
terdapat dalam berbagai bentuk tarian yang terkadang sulit . Dengan kata lain,
bisa terjadi satu tari berperan dalam berbagai keperluan,baik sosial, politik,
agama, kepercayaan, maupun hiburan.
Jenis tari tunggal nusantara
yang dikenal masyarakat jawa, misalnya: tari eko prawiro, gambiranom, merak , dan
gambayong , Jenis tari tunggal nusantara yang di kenal masyarakat bali , misalnya:
tari pendet, margapati,panji semirang, kebyar duduk, baris,keris barong. Jenis
tari tunggal Nusantara yang dikenal masyarakat sunda misalnya : tari kandangan sulintang,
dan dewi .
- peran tari tunggal nusantara
peran tari nusantara sedikit banyak dipengaruhi oleh geografis
dan karakteristik masyarakat pemiliknya. Karakteristik di bentuk oleh tempat
tinggal atau letak geografis masyarakatnya.orang yang tinggal digunung tentu
berbeda dengan orang yang tinggal di tepi pantai. Demikian mereka yang tinggal di
kota besar tentu berbeda karakter dengan yang tinggal di pedesaan. Berbeda pula
karakter masyarakat yang berdomisili di lingkungan keraton dengan masyarakat
yang berdomisili di luar keraton.
Oleh karena itu jika latar
belakang tempat tinggal sangat mempergaruhi karakter ciptaan seni atau lebih sepesifik
lagi tari tunggal.
Hubungan tari dan peran juga dipengaruhi
oleh penciptannya.bagi seorang koreo grafer kejadian dan fenomena adalah sumber
gerak yang sangat kaya. Jika ide itu
telah menjadi bentuk maka tidak lepas dari hasil pengamatan langsung di sekitarnya.
Peran dalam pengertian yang lebih
luas berarti fungsi dan gunanya. Hampir semua orang mengetahui betapa besarnya peranan tari bagi
masyarakat pemiliknya.
Peran tari tunggal dapat digolongkan sebagai beriku:
- pemberian motivasi
dikatakan memberi motivasi karena selalu membangkitkan
semangat untuk bangkit dan
melawan penjajah
- pemujaan
pemujaan yang sering menggunakan
tari untuk mendukun kepentingan ritual,
antara lain : nazar, panen padi, minta
hujan.
Sementara itu tari tunggal nusantara yang
biasa di gunakan untuk mendukung upacara
ritual antara lain srimpi,tayub, sintreen. Biasanya tari ini di gunakan untuk ritual permohonan hujan dan
keselamatan.
- pergaulan
pada umum nya peran tari tunggal
nusantara di kaitkan dengan perhelatan tertentu
atau untuk upacara magi-simpatreis, misalnya upacara minta hujan, perkawinan, dan mengusir wabah
penyakit.
- perkembangan tari tunggal nusantara
di mulai dari proses panjang
sejak manusia mengenal fungsi tubuh mereka. Setiap manusia normal pasti dapat
menggerakan anggota tubuh mereka dengan bebas,luwes, dan enak. Proses
terbentuknya sebuah tarian diduga di mulai dari keinginan manusia untuk mengapresiasi
kan kebutuhan estetis melalui gerak tubuh mereka. Berangkat dari gerak sederhana,
melalui proses panjang akhirnya terbentuklah aneka jenis tarian dengan berbagai fungsi dan gunanya .
setiap peristiwa alam dan hal-hal yang menyangkut suasana hati selalu mempengaruhi penciptaan seni, demikian juga setiap etnis
akan merasakan,menangkap, dan mempengaruhi suatu peristiwa besar dengan perasaan
dan pikiran yang kurang lebih sama.
Bagi seniman pencipta tari
koreografer, suatu peristiwa menjadi materi dasar yang menarik dan bermakna
untuk dijadikan karya seni.
Tari tradisional nusantara
sendiri dibangun dalam rentang waktu yang sangat panjang, bisa mencapai hitungan
abad. Beberapa tari tunggal yang mengalami perubahan bentuk dan fungsi, antara
lain : tari seblang, sintren, tayub,ronggeng, sang hyang, dan pakarena.
Dengan uraian di atas ,tari tradisional
nusantara sangat berguna bagi kepentingan sosial atau ritual masyarakat
pemiliknya. Upacara yang sering menggunakan
tari untuk mendukung kepentingan sosial, antara lain: peresmian gedung
,perayaan pernikahaan, HUT RI, menyambut tamu agung negara sahabat , kedatangan
pejabat penting, dan kampanye. Sementara itu, tari yang digunakan untuk mendukung
keperluan sosial , misalnya : tari gambyong,pendet, ngremo, tayub, dan lilin.
B. unsur estetis tari tunggal nusantara
Tari juga mengenal pembagian
jenis karya , jika seni lukis mengenal lukis natural (alami),abstrak, dada,kubis
surrealist, dan superralist,maka demikian pula halnya seni tari.
Di dalam istilah seni, semua
kebutuhan seni itu mencakup dalam perbincangan ekspresi estetis ,bagaimana pun juga
kepuasan batin seniman dan penghayatan harus diletakan pada posisi tertinggi di
bidang seni.
Setiap seni
pasti mempunyai unsur estetis di dalamnya.. misalnya ,medium di tangan seniman handal mampu menghasilkan karya spektakuler dan
mengagumkan. Sebalik nya tidak berguna apa bila berada di tangan yang awam.
Bukan berarti orang awam tidak boleh berkarya seni .
Khususnya unsur estetis tari tunggal
adalah gerak detail,rias,busana, dan kebebasan ekspresi. Gerak detail meliputi gerak
tangan ,kepala,mimik dan rias meliputi wajah, rambut badan, tangan, kaki.
Di dalam seni tari terdapat
jenis tari tunggal, kelompok / berpasangan, dan massal. Unsur estetis terpenting
tari tunggal adalah menyangkut tentang hal detail
Perlu juga diketahui bahwa unsur
estetis suatu seni masih harus di kaitkan pada ”siapa” orang yang berbicara atau memanfaatkannya. Dengan
kata lain , suatu bentuk tari tunggal etnis bali tidak dapat dengan mudah di pahami
oleh entnis jawa sunda minang dayak asmat separua dan makasar . begitu pula yang
terjadi sebaliknya.
- keunikan tari tunggal nusantara
setiap tari pasti mempunyai daya
tarik tersendiri yang membuat seseorang atau suatu kelompok bersedia meluang
kan waktu untuk melihat atau mempelajari nya. Keunikan tari tunggal nusantara
tentu saja berbeda, baik secara fisik,bentuk, jenis tari , maupun teknik penyajiannya
dengan jenis tari lainnya.
Daya tarik tari tunggal terutama
terletak pada keunikan suatu bentuk jenis tari atau pun ekspresi. Alasannya
mereka bergerak, bentuk gerakan, dan fungsi tarian itu sendiri yang membuat
perbedaan menjadian begitu kelihatan.